24 Apr 2014

Taujih Hikmah Pasca Peperangan (Badar) : Tak ada 100% Menang 100% Kalah

Berita tentang perang badar sampai juga ke kota Madinah, padahal Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam dan pasukan sahabat belum pulang kembali ke kota Madinah. Di perang badar ini Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam mengizinkan sahabat Ustman bin Affan r.a (menantu Nabi) tidak ikut berperang karena sedang menunggui istrinya Ruqoyyah (putri Nabi) yang sedang sakit keras. Usai perang, tercatat jumlah pasukan kafir Quraisy yang terbunuh dalam peperangan cukup banyak dibandingkan dengan pasukan kaum muslimin yang syahid. Pun dengan jumlah ghonimah (harta rampasan perang)  yang didapatkan sangatlah luar biasa banyaknya. Namun Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam kembali pulang ke Madinah bersamaan dengan selesainya prosesi pemakaman Ruqoyyah, putri Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam sekaligus istri Ustman r.a.Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam tidak sempat ikut memandikan, mensholatkan, dan menguburkan putri tercintanya ini.

Kisah ini telah menunjukkan 2 keadaan, di satu sisi Madinah berduka karena meninggalnya putri Nabi Shollalhu 'alaihi wasallam, namun di sisi lain Madinah bergembira karena berhasil mengalahkan pasukan kafir Quraisy Mekkah dan membawa ghonimah yang cukup banyak.

Maka sesungguhnya tidak ada kondisi senang 100% hanya karena kemenangan ataupun sedih 100% karena kekalahan. Semua keadaan pasti ada kebaikan yang harus di manage dengan baik agar selalu menjadi hikmah dan inspirasi untuk perjuangan-perjuangan berikutnya!

Selamat berjuang..


0 komentar:

Posting Komentar

Pribadi seseorang tercermin dari apa yang diucapkannya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India