17 Mar 2016

Ujian Kesempatan



Ternyata, tidak semua kesempatan datang untuk diambil. Ada kalanya dan bahkan mungkin sering kali kesempatan itu datang sebagai ujian. Ujian untuk keteguhan hati kita pada sesuatu yang lebih pertama kita putuskan dan lebih pertama kita pilih.
 
Bisa jadi di tengah mengerjakan tugas akhir yang begitu sibuk, penat dan menjemukan, ada kesempatan ini dan itu yang sangat menarik. Bermunculan pilihan ini dan itu yang begitu menggiurkan. Apakah harus diambil? Atau jangan-jangan itu hanya untuk menguji keteguhan hati kita dalam memilih dan mengerjakan prioritas pertama kita?

Di tengah kita mencintai seseorang yang sudah dengan susah payah kita perjuangakan, lalu muncul kesempatan dari orang lain yang mungkin lebih mudah. Apakah harus diambil? Bukankah itu mungkin hanya untuk menguji keteguhan hati kita pada yang mula-mula kita pilih? Ujian kesempatan.

Jadi sebenarnya, kesempatan itu merupakan ujian yang mungkin paling tidak kita sadari. Kesempatan-kesempatan ‘emas’ yang datang, yang membuat kita menjadi bimbang dan ragu pada pilihan kita yang sebelumnya. Kesempatan yang membuat kita berpikir ulang tentang pilihan-pilihan kita sendiri. Menggoyang prioritas kita, menyelisih hati kita.

Seandainya semua kesempatan itu kita ambil, mungkin kita akan menjadi orang yang terus terombang ambing. Sesungguhnya ini adalah ujian. Ujian kesempatan. Dan kita akan bisa belajar tentang keteguhan hati dari setiap kesempatan yang datang dan akan selalu datang dalam jalinan cerita kehidupan kita.

Tidak semua kesempatan yang datang itu harus diambil. Hati-hatilah...
Ya... hati-hatilah mengenali kesempatan, karena bisa jadi itu adalah ujian.

*digubah dan ditulis ulang dari karya Kurniawan Gunadi "Ujian Kesempatan", di tengah balada mahasiswa tingkat akhir antara studi Doktoral dan merajut masa depan.

versi audio bisa didengar di sini :

0 komentar:

Posting Komentar

Pribadi seseorang tercermin dari apa yang diucapkannya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India