19 Jan 2016

Terkait Fatwa Syaikh Fauzan tentang Syaikh Al Arifi


Telah beredar rekaman video seperti berikut, berisi wawancara syaikh Shalih Al Fauzan yang ditanya berkaitan soal Syaikh Al Arifi, Dr. Aidh Al Qarni, dan Syaikh Salman Al Audah. Jika dilihat sepintas kesimpulan kalam syaikh Fauzan adalah menggiring pendengar untuk meninggalkan para dai'-dai tersebut.

Tanggapan :

Sebaiknya jangan isti'jal dalam menghakimi dan menghukumi saudaranya muslim yang lain, apalagi hanya dengan bermodalkan potongan audio. Khawatir ini hanyalah ulah sebagian oknum yg hasad kepada para da'i tsb.

Dalam dunia audio visual jaman sekarang ini hendaknya harus ekstra hati-hati atas berbagai macam tuduhan, fitnah dan tahdzir serampangan yg dalam beberapa kasus memang acapkali dilakukan oleh jamaah tahdziry. Cukup sering dijumpai mereka usil melakukan pemotongan qoul ulama kibar, mengambil sebagian perkataan saja dan meninggalkan perkataannya yang lain sehingga mengaburkan maksud inti dari kalam seorang kibarul masyaikh.

Jika pun audio itu benar, hendaknya rekaman tersebut disikapi dengan inshof. Dalam kesempatan yang lain sudah jamak diketahui bahwa syaikh Shalih Al Fauzan juga beberapa kali melayangkan pujian kepada syaikh Al Arifi, memperbolehkan duduk bermajelis dengannya dan beristifadah. Serta ada banyak lagi qoul ulama kibar lain selain syaikh Fauzan semacam syaikh bin Baz yang memberikan tazkiyah kepada Syaikh Al Arifi dan para da'i tsb.

Artinya para ulama dan masyaikh kibar sejatinya memang sudah melakukan jarh wa ta'dil dengan tepat, mengkritik seperlunya terhadap kekeliruan yang ada serta tetap adil dan mengakui bahwa para da'i tersebut juga memiliki kebaikan-kebaikan dan kontribusi kepada ummat yang seharusnya tidak menjadikan mereka ditinggalkan.

Jangan mudah tertipu dan cepat percaya hanya karena melihat 'casing' fatwa yang diklaim sebagai qoul ulama kibar tapi tidak tahu history qoul qodim dan qoul jadid ulama tersebut seperti apa. Dan jangan pula jadi recehan yang kalau ketemu recehan lainnya jadi berisik. Tekuni belajar bahasa Arab, bersikaplah dewasa dan bijaksana. Di akhir zaman ini kita butuh persatuan ummat bukan perpecahan dan perselisihan yang tak kunjung ada habisnya.


link video :

https://www.facebook.com/akhfauzan/videos/vb.1725739048/10201230132591796/?type=2

0 komentar:

Posting Komentar

Pribadi seseorang tercermin dari apa yang diucapkannya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India