16 Sep 2015

Catatan Awal Dzulhijah 1436


Alhamdulillah, dari hasil sidang isbat Kemenag kemarin, tanggal 14 September sore petang ini sudah masuk tanggal 1 Dzulhijah. Dengan demikian puasa Arofah akan jatuh pada 23 September 2015 dan Idul Adha pada Kamis, 24 September. Keputusan ini sama dengan yang ditetapkan dengan Kerajaan Saudi.
Dan perlu diingat bahwa terakhir kali memotong kuku dan rambut bagi yang sudah niat berkurban adalah sore ini saat sudah masuk waktu maghrib. Larangan tersebut berlaku hingga hewan qurban disembelih.
Sudah jamak diketahui bahwa 10 hari pertama Dzulhijah merupakan hari-hari yang utama. Maka sebaiknya kesempatan ini bisa dijadikan sbg momentum titik baliknya iman dan amal sholih yg dulu sempat loyo pasca Ramadhan. Memperbanyak puasa dan istighfar pada rentang waktu itu, serta bertakbir muthlak (yang dilakukan pada setiap saat, siang ataupun malam sampai matahari terbenam tanggal 13 Dzulhijah) dan juga takbir muqoyyad (yang dilakukan setiap selesai sholat fardhu dari sejak pagi hari ‘Arafah setelah shalat Subuh 9 Dzulhijah sampai shalat Ashar akhir hari Tasyriq 13 Dzulhijah) adalah sebagian contoh amalan afdhol pada bulan Dzulhijah selain Haji dan Qurban.
Semoga para jamaah haji dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur. Musibah yang kemarin terjadi di tanah suci seyogyanya bisa menjadikan ibadah haji semakin khusyuk dan semakin menyadarkan bahwa manusia itu lemah dan tak berdaya dihadapan Rabb-nya. Semoga berkah, dan selamat memilih kambing

0 komentar:

Posting Komentar

Pribadi seseorang tercermin dari apa yang diucapkannya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India